MAKANAN SEBAGAI SUMBER ENERGI MANUSIA

Label:

 A. Makanan 

Tubuh manusia tersusun dari milyaran sel yang bekerja sama untuk membentuk jaringan, organ, dan kemudian sistem organ.

Di dalam makanan terkandung zat-zat yang sangat dibutuhkan tubuh untuk berkembang dan memperbaiki sel tubuh atau jaringan yang rusak. Di dalam makanan terkandung sumber energi serta sumber penyusun tubuh kita.

Setiap orang membutuhkan asupan kalori yang berbeda setiap harinya sesuai dengan kebutuhan nya. Kebutuhan kalori dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, aktivitas, berat badan, serta kondisi kesehatan seseorang. Seorang siswa remaja seperti kalian membutuhkan sekitar 2000-2500 kalori (kal) per harinya.

Ketika kalian selesai makan, makanan yang kalian makan akan dipecah oleh sistem pencernaan menjadi nutrien.

Nutrien adalah zat yang terkandung dalam makanan yang berisi energi ataupun bahan mentah yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan seluruh proses penting yang menunjang kehidupan.

Nutrien dapat dibagi menjadi 6 kategori yaitu: karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.

- Karbohidrat terbagi atas dua: karbohidrat sederhana dan kompleks.
- Protein terbagi atas dua: protein nabati dan hewani.
- Lemak dibagi menjadi 3 jenis yaitu lemak jenuh, lemak tak jenuh, dan lemak trans.
- Vitamin terbagi atas dua tipe: Vitamin yang larut dalam lemak dan Vitamin yang larut dalam air.

Zat Aditif adalah segala jenis bahan yang ditambahkan dengan sengaja ke dalam makanan dengan tujuan untuk menambah dan memperkuat rasa, membuat warna yang lebih menarik, mengawetkan, memberi aroma, mengentalkan, dan mengemulsi bahan makanan.

Zat Aditif terdiri dari beberapa kelompok yakni: Zat pemanis, Zat pewarna, Zat penyedap, Zat pengawet, Zat pemberi aroma dan Zat pengental dan pengemulsi.

Diet sehat berarti mengkonsumsi makanan sehat, dan mengurangi konsumsi makanan tidak sehat, yakni dengan menerapkan empat sehat lima sempurna atau dengan Metode Piring Makan Saya.

                           BERSUMBER https://www.medianekita.com/edukasi/pr-2244396677/rangkuman-materi-ipa-kelas-8-kurikulum-merdeka-bab-2-struktur-dan-fungsi-tubuh-makhluk-hidup





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

gunung berapi

  Indonesia masuk ke dalam wilayah cincin api atau dikenal dengan  ring of fire.  Tentu saja hal tersebut karena Indonesia memiliki banyak g...

 
Deo Damarezky Reisananda © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter